Komponen Instalasi Listrik : Fitting Lampu

Fitting adalah komponen listrik yang berfungsi untuk meletakkan lampu dengan kawat hantaran instalasi secara aman. Berdasarkan pemasangannya, ada beberapa jenis fitting yaitu fitting duduk, fitting gantung dan fitting kedap air.
Untuk pemasangan fitting lampu jenis Edison dan jenis Bayonet harus dipasang dengan cara menghubungkan kotak dasarnya pada penghantar fasa dan kontak luarnya pada penghantar nol (netral). Pada jenis fitting Edison, lampu dipasang dengan cara diputar pada ulirnya. Dan untuk jenis fitting jenis Bayonet, pemasangannya dilakukan dengan cara menusukkan lampu ke dalam fitting.
Fitting dan Lampu Edison
Fiitng dan Lampu Bayonet
Teknik pemasangannya
Sumber : https://tukanglistrikpulaubatam.blogspot.com/2017/02/cara-memasang-stop-kontak-switch-saklar-dan-fitting-lampu.html

Untuk berbagai kebutuhan pemasangan instalasi listrik, ada beberapa jenis fitting yang dijual atau dipasang di lapangan, yaitu :

1. Fitting Langit-langit
Untuk fitting jenis langit-langit ini pemasangannya ditempelkan pada langit-langit atau flapon. Untuk memperkuat pemasangannya dilengkapi dengan roset. Roset diperlukan untuk meletakkan/menyekerupkan fitting supaya kedudukannya pada langit-langit lebih kuat dan kokoh.
Fitting dan Roset
( Sumber : https://www.tokopedia.com/rajawalicomsolo/fitting-plafon-tempel-roset-kayu )

2. Fitting Gantung
Fitting gantung dipasang menggantung, fitting ini dilengkapi dengan tali yang berfungsi sebagai penahan beban bola lampu dan kap lampu, serta untuk menahan konduktor dari tarikan beban tersebut.
Fitting Gantung

3. Fitting Kedap Air
Fitting kedap air adalah fitting yang tidak mudah kemasukan air pada dalamnya. Fitting jenis ini biasanya dipasang pada tempat yang lembab atau ditempat yang kemungkinan ada percikan air seperti kamar mandi, diluar ruangan dan lain-lain. Kontruksi fitting ini terbuat dari porselin. Bagian kontaknya terbuat dari logam kuningan atau tembaga dan bagian ulirnya dilengkapi dengan karet yang berbantuk cincin sebagai penahan air. 
Fitting Kedap Air
(Sumber : https://maknawi.net/jenis-jenis-fitting-lampu-yang-wajib-diketahui/)

Ketentuan-ketentuan pemasangan fitting dan armatur lampu yang perlu diperhatikan, yaitu : (Sumber : "Sistem Instalasi Listrik Penerangan"  Penerbit : Saka Mitra Kompetensi Hal 34)
  • Fitting lampu, armatur penerangan, lampu, dan roset harus dibuat sedemikian rupa sehingga saat pemasangan dan penggantian lampu atau dalam keadaan lampu terpasang, semua bagian yang bertegangan dan bagian yang terbuat dari logam teramankan dengan baik dari kemungkinan sentuhan.
  • Untuk penernagan luar dan dalam ruang dengan adanya air yang menetes, fitting lampu harus kedap tetesan atau dipasang dalam armatur penerangan yang kedap tetesan
  • Fitting lampu harus digantung dalam keadaan terisolasi, kecuali jika penggantung atau pasangannya dibumikan secara baik atau jika fitting lampu dipasang diluar jangkauan tangan.
  • Perlengkapan untuk menaik turunkan aratur penerangan bear yang dipasang di luar jangkauan tangan harus dipasang sedemikian rupa sehingga juru layannya tidak usah berdiri dibawah armatur tersebut.
  • Armatur penerangan yang mempunyai terminal penghubung di luar tidak boleh digunakan dalam etalase kecuali jika armatur penerangan tersebut digantung dengan rantai.
  • Tutup roset dan kotak sambung untuk armatur lampu harus mempunyai cukup ruangan sehingga kabel dengan terminal penghubungnya dapat dipasang dengan baik.
  • Armatur, fitting lampu, roset, dan kotak kontak harus dipasang kukuh. Armatur yang beratnya lebih dari 2,5 kg atau salah satu ukurannya melebihi 40 cm tidak boleh dikukuhkan dengan penutup ulir fitting lampu.
  • Perkawatan pada atau di dalam armatur harus terpasang dengan rapi. Diameter kawat harus minimum 0,75 mm2 dan sedemikian rupa sehingga kabel bebas dari gaya tarik dan kerusakan mekanik yang mungkin terjadi. Perkawatan yang berlebihan harus dihindarkan. Kabel harus dipasang sedemikian rupa sehingga bebas dari pengaruh suhu yang melebihi kemampuannya.
  • Armatur harus dipasang sedemikian rupa sehingga sambungan antara armatur dan kabel listrik instalasi dapat diperiksa tanpa harus memutuskan perkawatan, kecuali jika armatur dihubungkan dengan tusuk kontak dan kotak kontak
  • Armatur penerangan harus dihubungkan sedemikian rupa sehingga semua kotak ulir atau kotak luar fitting lampu pijar terhubung pada pengahantar netral.

Armatur = Luminair tanpa lampu, 
Luminair = Penyatuan pencahayaan yang utuh

Previous
Next Post »

Komentar harus sopan, tidak mengandung spam dan iklan ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment