Komponen dan Fungsi Alat Instalasi Penerangan Listrik APP dan MCB


Kali ini kita bahas tentang peralatan-peralatan instalasi milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam suatu instalasi rumah sederhana, karena alat-alat itu merupakan tanggung jawab PLN. Komponen instalasi adalah peralatan-peralatan listrik yang digunakan dalam suatu rangkaian instalasi listrik, misalnya rangkaian listrik dibawah ini 

( sumber : http://skemaku.com/cara-membuat-percobaan-rangkaian-listrik-seri-dengan-menerapkan-prinsipnya/ )

Nah, yang dinamakan komponen instalasi diatas yaitu ; baterai, saklar, fitting dan kabel. Dalam pemasangan instalasi penerangan listrik komponen-komponen tersebut tetap harus mengikuti aturan standar nasional (SNI) dan dalam pemasangannya mengikuti peraturan PUIL. 
Untuk pemasangan instalasi penerangan listrik ada komponen-komponen yang wajib diketahui oleh seorang instalatur dan memahami fungsi-fungsinya secara rinci dan mendalam. Beberapa komponen itu antara lain :

1. Alat Pengukur dan Pembatas
Alat pengukur dan pembatas (APP) atau nama lainnya KWh Meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur/mencatat besar pemakaian energi listrik pelangan, APP merupakan milik pengusaha ketenagalistrikan (baca: PLN). APP terdiri dari Kwh meter dan pembatas arus (MCB). Kwh meter untuk pencatat besar energi yang terpakai sedangkan MCB berfungsi sebagai pengaman sekaligus sebagai pemabatas arus. Biasanya MCB yang dikeluarkan PLN di batasi sesuai dengan permintaan pelanggan pada waktu mendaftar untuk pemasangan kwh baru atau penambahan dayanya. MCB yang dikeluarkan untuk instalasi rumah sederhana berkisar 2A, 4A, 6A dan 10 A.


Alat Pembatas dan Pengukur (APP) tempat penyambungan Saluran Masuk Pelayanan (SMP) ke instalasi konsumen. APP yang ada sekarang terbagi menjadi dua jenis yaitu APP analog dan APP digital/prabayar/pulsa. Biasanya penempatan KWh ini terletak diluar rumah agar pengecekan oleh petugas listrik mudah dilakukan.
Perbedaan antara APP analog dan APP digital terletak pada bentuknya, yaitu kalau analog masih menggunakan pringan alamunium untuk menghitung besar pemakainnya artinya piringan yang berputar tersebut akan menggerakkan counter yang menandai setiap hitungan pemakaian energi listrik. Semakin cepat piringan berputar, maka semakin besar pula tagihan listrik yang harus dibayar. sedangkan untuk perhitungan pada APP digital menggunakan perhitungan digital seperti perhitungan pulsa HP, semakin banyak pemakaiannya semakin cepat pula pulsa listrik itu akan habis.



Berikut ketentuan mengenai APP yaitu :
  1. APP yang dipasang harus sesuai dengan paket yang dipesan pelanggan
  2. Penggunaan terminal bia konduktor/kabel yang dipasang berbeda, misalnya kabel Saluran Masuk Pelayanan (SMP) berbahan alumunium, sedangkan kabel instalasi dari bahan tembaga, maka penyambungannya digunakan terminal.
  3. APP harus sudah ditera/diuji dan disegel resmi oleh Perusahaan Ketenagalistrikan
  4. APP harus tersedia terminal pembumian pada Bagian Konduktif Terbuka (BKT)
  5. APP dipasang pada tempat yang mudah diihat dan dijangkau guna untuk pencatatan dan pemeriksaan
  6. Data APP tertera dengan jelas nama pembuat, merk dagang, daya, voltase dan data teknis lainnya
Pemasangan APP

a. Wiring pengawatan Kwh Prabayar

 Kemampuan deteksi penyalahgunaan pemakaian dari meteran prabayar ini



Mari kita nonton cara pemasangan kwh Prabayar, perhatikan dengan baik ya..!


Ini juga, lengkap dengan cara penyetelannya..


b. Wiring pengawatan Kwh Pascabayar/analog
2. Gawai atau Alat Untuk Menutup dan Membuka Sirkit Listrik
Didalam ilmu kelistrikan dikenal beberapa peralatan atau gawai yang digunakan untuk menutup dan membuka sirkit listrik yaitu :


2. Pemutus Sirkit Mini (PSM) atau MCB
Setelah Kwh meter terpasang dibawahnya diletakkan alat pemutus sirkit/MCB yang digunakan sebagai pemutus atau pengaman/proteksi akibat adanya beban lebih dan arus hubung singkat. PSM/MCB adalah salah satu jenis saklar atau pemisah yang bekerja berdasarkan prinsip bimetal.



Besar MCB instalasi yang sering digunakan pelanggan yang disesuaikan dengan besar daya yang dikeluarkan oleh perusahaan listrik negara



Nah itulah penjelasan singkat tentang peralatan-peralatan instalasi penerangan yang dimiliki perusahaan ketenagalistrikan (baca: PLN) dimulai dari Alat Pengukur dan Pembatas (APP) dan MCB-nya, semoga dapat memberi manfaat.

Mari kita lanjut peajaaran Komponen dan Fungsi Alat Instalasi Penerangan Listrik PHBK

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments

Komentar harus sopan, tidak mengandung spam dan iklan ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment