Komponen dan Fungsi Alat Instalasi Penerangan Saklar Seri


Setelah kita mempelajari Komponen dan Fungsi Alat Instalasi Penerangan Saklar Tunggal, maka materi kali ini akan membahas tentang saklar seri. Saklar seri adalah salah satu jenis sakelar yang sering dipakai pada instalasi rumah dan gedung, jenis saklar ini ini dapat mengendalikan (menghidup dan mematikan) aliran arus listrik ke beban. 
Pada dasarnya saklar seri adalah dua saklar tunggal atau lebih yang dijadikan satu untuk melayani dua kelompok atau lebih lampu dalam suatu rangkaian instalasi penerangan listrik. Sakelar seri disebut juga dengan saklar deret (Saries switch). Pemasangan saklar seri dapat dipasang didalam dinding (inbow) atau juga diluar dinding (outbow) dan tinggi pemasangan saklar dari lantai adalah 150 cm, dan sebaiknya saklar ditempatkan didekat pintu, karena ketika pintu dibuka kita langsung mendapatkan saklar.
Disebuah ruangan besar seperti raungan bangsal, ruangan kelas, dan gedungpertemuan, sakelar seri yang digunakan mempunyai 3 atau empat tuas jungkit, tujuannya adalah untuk mempermudah pelayanan, baik dalam memilih lampu yang akan dihidupkan.
Untuk lebih memahami tentang saklar seri ini pertama-tama kita kenal dahulu tentang :
Simbol dan kontruksi dari saklar seri :


Setelah kita kenal dan pahami simbol saklar seri, sekarang kita melangkah ketahap selanjutnya yaitu pengenalan diagram tunggal dan pengawatan saklar seri. Untuk tahap ini perhatikan baik-baik cara pemasangannya dan jumlah kawat/kabel yang digunakan
Atau pengawatan jika dilengkapi dengan pemasangan stop kontak

Nah sekarang mari kita mengenal bentuk saklar dan bagaimana merangkai/memasangnya, perhatikan dengan baik dan serius oke..!!
Cara memasang saklar seri
Oke sekarang kita nonton bareng cara pemasangan saklar seri,perhatikan dengan baik teknik-teknik pemasangannya ya, selamat menyaksikan



Oke semoga penjelasan ini bermanfaat.

Selanjutnya
Komponen dan Fungsi Alat Instalasi Penerangan Saklar Tukar

Previous
Next Post »

Komentar harus sopan, tidak mengandung spam dan iklan ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment