Jenis-Jenis Kabel Listrik

Tahukah kamu apa itu kabel listrik ? bayangkan bila kabel listrik itu tidak ada dirumahmu, apakah yang akan terjadi ? Rumah akan gelap dan tidak dapat menyalakan berbagai peralatan elektronik. dalam kehidupan sehari hari kabel listrik merupakan komponen yang tidak bisa lepas dari elemen khidupan. Kabel dipergunakan sebagai penghantar atau konduktor untuk menghantarkan arus listrik ke benda-benda yang membutuhkan energi listrik untuk bekerjanya.
Sebelum kita memulai materi ini ada baiknya kita mengenal istilah Konduktor dan Isolator, karena pada sebuah kabel pada umumnya terdapat dua bahan ini. 
Konduktor adalah bahan yang dapat menghantarkan arus listrik, pada kabel bagian yang dapat menghantarkan arus listrik adalah bagian yeng terbuat dari logam (tembaga atau alumunium). daya hantarnya ditentukan oleh parameter yang disebut KHA (Kemampuan Hantar Arus). Kemampuan daya hantar arus pada kabel berbeda-beda tergantung pada bahan konduktor dari kabel listrik itu sendiri.
Isolator adalah bahan yang tidak atau sukar menghantarkan arus listrik, pada kabel yang termasuk isolatornya adalah pembungkus kabel yang berfungsi sebagai pelindung ( agar tidak mencederai manusia), bagian ini aman untuk dipegang. bahan isolator kabel terbuat dari bahan karet atau plastik (thermoplastik atau thermosetting). Semakin baik tingkat isolator suatu kabel, semakin bagus kualitas dari kabel tersebut.

Bagian kabel yang menghantarkan arus listrik adalah bagian konduktor yang terbuat dari tembaga atau alumunium. Daya hantar arus (KHA) ditentukan oleh beberapa faktor yaitu bahan pembuatnya, luas penampang atau diameter konduktor. Biasanya semakin besardiameter suatu kabel kemampuan Hantar Arusnya akan semakin tinggi. Satuan KHA digunakan dalam satuan Ampere. 
Contoh
Bila pada kabel terdapat keterangan KHA 12 Ampere, sumber tegangan listriknya 220 V, daya yang dapat disalurkan oleh kabel adalah :
P = V x I  
Daya = Tegangan x Arus
Watt = Ampere x Volt
        = 12 x 220 
        = 2640 Watt
Yang artinya  segala benda elektronik yang memakai daya hingga 2.640 Watt (misalnya Kulkas) dapat menggunakan kabel yang memiliki 12 Ampere.
Ukuran Kabel dan KHA-nya
Cara menggunakan tabel diatas
Misalnya, untuk keperluan menghidupkan kompor listrik dibutuhkan daya 1200 Watt (berada di baris ke-2 tabel kisaran 1230 Watt). Berdasarkan tabel diatas, anda membutuhkan kabel dengan KHA-nya 6 A, berarti gunakan kabel dengan luas penampang 1,5 mm2, sebab kalau anda menggunakan luas penampang 0.7mm2 kabel tersebut hanya mampu mengahntarkan daya maksimal 880 Watt. Ukuran kabel harus diseusaikan dengan beban (Watt) dikarenakan agar aman digunakan.

MACAM-MACAM JENIS KABEL LISTRIK
Ada berbagai jenis kabel listrik yang digunakan dalam instalasi listrik seperti NYA, NYAF, NYM, NYMHY, NYY, NYYHY, BC dan lain-lainnya. Oke mari kita bahas satu persatu jenis-jenis kabel listrik

Kabel NYA
Kabel NYA adalah salah satu kabel yang berisi tunggal yang sering digunakan untuk instalasi rumah. Kabel NYA rata-rata yang digunakan untuk instalasi rumah rata-rata berdiameter/luaspenampang 1,5 mm dan 2,5 mm. yang dilapisi dengan isolator PVC. Untuk isolatornya biasanya menggunakan warna sebagai pembeda antara fasa, netral dan ardenya. Biasanya warnanya merah, kuning, hitam, biru dan kuning strip hijau. lapisan isolatornya hanya satu lapis. oleh karena pemasangan pada instalasinya harus menggunakan pipa PVC, pipa union, atau pipa fleksibel sebagai pelindungnya. Nah mari kita lihat gambar berikut :

Kabel NYA

N = Kabel jenis standar dengan pengahntar tembaga
Y = Isolator PVC
A = Kawat berisolasi

Kabel NYA merupakan kabel udara ( artinya tidak untuk ditanam dalam tanah), harga kabel PVC relatif murah. untuk lebih jelasnya bagaimana cara memasang kabel dalam instalasi rumah bisa dibaca disini
Penggunaan kabel NYA harus memnuhi ketentuan-ketentuan berikut :
  1. Harus dilindungi dengan pipa instalasi untuk pemasangan tetap dalam jangkauan tangan.
  2. Harus dipasang dalam pipa PVC untuk pemasangan di ruang lembab
  3. Tidak boleh langsung menempel pada plesteran kayu serta ditanam langsung dalam plesteran atau kayu, tetapi harus dilindungi dengan pipa instalasi
  4. Jika dipasang diluar jangkauan tangan, boleh dipasang terbuka denganmenggunakan isolator jepit atau rol isolator. Cara pemasangannya harus ada jarak minimum 1 cm terhadap dinding dan terhadap bagian lain dari bangunan atau kontruksi
  5. Boleh digunakan didalam alat listrik dan PHB
  6. Tidak boleh digunakan di ruangan basah, dialam terbuka, ditempat kerja atau gudang
Kabel NYM

Kabel NYM adalah salah satu jenis kabel yang mempunyai inti lebih dari satu didalamnya, didalam kabel NYM ini sebenarnya terdapat beberapa kabel NYA yang dibungkus menjadi satu dan ditambahkan isolasi putih dan selubung karet. Kabel ini bisa digunakan untuk instalasi listrik gedung atau rumah. Jumlah inti didalam kabel NYM ini ada 2, 3 atau 4 inti dengan warna yang berbeda. masing -masing inti kabel NYM dilapisi dengan isolator. Kabel NYM relatif lebih kuat daripada NYA karena adanya isolasi PVC dan selubung karet dan dari segi harga kabel NYM lebih mahal dari kabel NYA


Kabel NYM

N = Kabel jenis standar dengan penghantar tembaga
Y = Isolator PVC
M = Berselubung PVC

Ukuran kabel NYM

Penjelasn arti tulisan pada kabel NYM, misalnya kabel NYM bertuliskan 2 x 1,5 mm2 artinya bahwa terdapat dua kabel tembaga atau kawat dan masing-masing kabel tersebut memiliki diameter 1,5 milimeter
Penggunaan kabel NYM harus memenuhi ketentuan sebagai berikut :
  1. Boleh dipasang langsung menempel pada plesteran atau kayu atau ditanam langsung dalam plesteran, termasuk diruang lembab atau basah, ditempat kerja atau gudang dengan bahaya kebakaran atau ledakan.
  2. Boleh dipasang langsung pada bagian bangunan, kontruksi, rangka, dan sebagainya, asalkan cara pemasangannya tidak merusak selubung luar
  3. Boleh dipasang langsung menempel pada plesteran atau kayu atau ditanam langsung dalam plesteran, termasuk di ruang lembab atau basah, ditempat kerjaatau gudang dengan bahaya kebakaran atau ledakan
  4. Boleh dipasang langsung pada bagian bangunan, kontruksi, dan rangka asalkan cara pemasangannya tidak merusak selubung luar kabelnya
  5. Tidak boleh dipasang didalam tanah
Kabel NYY
Kabel NYY adalah kabel yang dirancang khusus untuk penggunaan didalam tanah ataupun berbagai kondisi outdoor/ diluar ruangan, kering atau lembab. Namun agar lebih aman dan terjamin kabel ini diberi perlindungan dengan pipa PVC ataupun pipa besi. Bahan isolator atau selubung NYY mempunyai kontruksi yang lebih kuat dan kaku dibandingkan dengan kabel jenis NYM, yang biasanya dilengkapi dengan bahan anti gigitan tikus. Dilihat secara langsung warna khas kabel NYY adalah hitam dengan isolasi ganda dan biasanya dalam pemakaiannya digunakan untuk lampu taman dan diluar rumah.

Kabel NYY
Kabel NYY biasanya juga digunakan untuk kabel tenaga pada industri. Jika pemasangannya didalam tanah harus dijaga kerusakan isolasinya dari kemungkinan kerusakan mekanis, oleh sebab itu untuk menjaminnya digunakan pelindung dapat berupa pipa atau pasir dan diatasnya diberi batu.

Kabel NYAF
Kabel NYAF adalah salahsatu jenis kabel listrikyang intinya terbuat dari bahan tembaga dan berserabut, kabel ini dilapisi dengan isolasi PVC, kabel jenis ini sangat fleksibel sehingga cocok digunakan untuk jalur-jalur yang berkelok-kelok.Penggunaan kabel ini harus dilindungi dengan pipa karena isolasi yang digunakan adalah siolasi tunggal, oleh karena itu kabel ini tidak cocok digunakan pada area lembab atau basah

Kabel NYYFGby/NYRGbY/NYBY
Kebel jenis ini memiliki lapisan isolator yang tebal dan kuat. Kabel ini bisa dipergunakan ditanam didalam tanah tanpa memerlukan perlindungan tambahan lagi.Untuk penggunaan yang lebih aman lagi misalnya jika kabel ini dipergunakan di jalan-jalan tetap direkomendasikan menggunakan pelindung setidaknya pipa PVC. Menurut spesifikasinya kabel jenis NYFGnY/NYRGbY/NYBYdapat ditanam didalam tanah hingga kedalaman 80 cm (0,8 m) saja.



Kabel NYCY
Kabel jenis NCYC merupakan jenis kabel yang dirancang untuk penggunaan didalam ruangan, didalam tanah, ataupun dialam terbuka. Kabel ini terdiri dari penghantar konsentris yang dilapisi dengan pelindung pita CU kabel. Kabel ini tahan terhadap berbagai jenis kondisi cuaca.
Kabel BC
Kabel BC memiliki sistemkonduktansi yang baik dan unik, yang mana penghantarnya dari pilinan kabel yang dijadikan satu sehingga menghasilkan kontruksi kabel yang kuat dan tidak mudah putus. kabel BC banyak digunakan sebagai kabel pentanahan atau arde/ground di gedung atau bangunan tinggi, kabel ni sangat baik digunakan sebagai kabel penghanar untuk penangkal petir. Ukuran kabel ini pada umumnya antara 6 mm hinggga 500mm.


Kabel AAAC
Kabel AAAC adalah kabel yang terdiri daripilinan kabel berbahan alumunium-magnesium-silikon yang merupakan bahan logam campuran. kabel jenis ini dirancang sebagai kabel yang memiliki kontruksi yang kuat, anti karat dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Jenis kabel AAAC juga baik untuk digunakan sebagai pengantar dari penangkal petir.

Kabel ACSR
Kabel ACSR banyak digunakan pada saluran transmisi tegangan tinggi, biasanya dipasang melintang tanpa isolasi diantara dua tiang menara distribusi. Kabel ini terdiri dari bahan alumunium dengan inti kawat baja. Jenis jenis kabel listrik tipe ACSR sangat cocok digunakan pada saluran arus dan tegangan sangat tinggi.

Kabel ACAR
Kabel ACAR ini hampir sama dengan kabel jenis ACSR dan memiliki fungsi yang sama juga, hanya saja kabel jenis ACAR memiliki kualitas yang lebih baik karena bahan kabelnya diperkuat lagi dengan bahan logam campuran sehingga menghasilkan kabel yang sangat kuat dan kokoh.
Kabel NYMHYO
Kabel NYMHYO adalah kabel yang peruntukannya BUKAN untuk instalasi listrik arus besar, tetapi disankan untuk arus rendah saja misalnya kabel audio video, kabel speaker, kabel pada rangkaian elektronika tertentu. Dipasaran kualitas dari kabel NYMHYO ini bermacam-macam ada yang terbuat dari tembaga murni ataupun tembaga campuran. Biasanya kualitas kabel NYMHYO akan mengikuti harga yaitu semakin baik kualitasnya maka harganya juga semakin mahal. 

Kabel NYMHY/NYYHY
Kabel NYMHY/NYYHY terdiri dari bebrapa kabel inti serabut yang dilapisi dengan isolasi PVC. biasanya penggunaannya hanya untuk listrik rumah tangga dengan daya 900 watt kebawah. jika digunakan untuk listrik rumah tangga berdaya 900 Watt keatas, lebih baik kita menggunakan kabel berinti tungga seperti kabel jenis NYM.

Demikianlah jenis-jenis kabel yang digunakan pada kelistrikan, semoga bermanfaat.

Selanjutnya Baca : Identifikasi Penghantar/Kabel dengan Warna


Previous
Next Post »

6 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
Wednesday, November 6, 2019 at 1:56:00 PM GMT+7 ×

Untuk 7000 Watt dibutuhkan penampang berapa Mili ya?

Reply
avatar
Unknown
admin
Saturday, February 1, 2020 at 6:35:00 PM GMT+7 ×

Terima KAsih. Informasi sangat berharga !
Please advise. Apakah Pak/Mas GuruListrikKeren pernah mendalami tentang produksi (manufacturing) kabel ?

Reply
avatar
Unknown
admin
Saturday, February 1, 2020 at 7:15:00 PM GMT+7 ×

bagaimana cara menghitung KHA (Ampere) dari luas Penampang nya ?
Terima kasih.

Reply
avatar
Thursday, February 27, 2020 at 7:24:00 PM GMT+7 ×

Jika butuh kabel listrik di seperti di artikel di atas bisa kontak kami di telp. 02129367298 (jam kerja) W.A 08176076688
Kami jual kabel listrik semua tipe dan ukuran, gratis ongkos kirim untuk area Jabotabek

Reply
avatar

Komentar harus sopan, tidak mengandung spam dan iklan ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment