Komponen dan Fungsi Alat Instalasi Penerangan Saklar Tukar


Apakah sebuah lampu dapat dihidupkan dengan dua saklar ? atau apakah sebuah lampu dapat dihidup dan dimatikan dari beberapa tempat yang berbeda ? maka jawabnya adalah BISA, yaitu dengan menggunakan saklar tukar. Nah kali ini akan kita bahas mengenai sakal tukar, berdasarkan katanya yaitu "tukar" berarti saklar ini dapat menukar atau memindahkan posisi atau dapat bergantian menghidup dan matikan satu lampu atau kelompok lampu. Saklar tukar yang lazim disebut dengan saklar hotel adalah salah satu jenis saklar yang dapat menghidupkan satu lampu dari dua tempat yang berbeda, misalnya satu lampu diletakkan di tengah-tengah tangga diantara lantai 1 dan lantai 2, saklar tukar diletakkan di lantai 1 dan juga ditempatkan dilantai 2, maka untuk menghidup dan mematikan lampu tersebut dapat dikendalikan (hidup dan mati) dari lantai 1 atau juga dari lantai 2. Untuk lebih jelasnya kita perhatikan ilustasi dari gambar berikut 


Ada bebrapa keaadaan yang dapat digunakan saklar tukar sebagai pengendali menghidup dan mematikan lampu yaitu saklar tukar dapat digunakan untuk melayani (menghidupkan dan mematikan) lampu dari dua tempat yang bebeda, dan saklar tukar digunakan untuk hubungan gudangbawah tanah


Sekarang mari kita kenal lebih dalam tentang saklar tukar



Setelah kita pahami tentang simbol saklar tukar, mari selanjutnya kita pahami tentang diagram tunggal dan diagram pengawatannya, disini yang harus ditekankan adalah bagaimana cara memasangnya dan merakitnya, dan yang tidak kalah pentingnya jumlah kabel yang masuk dan keluar dari saklar tukar itu.



Penjelasan singkat : Fasa masuk pada saklar S1 ditengah, posisi 1 saklar S1 dihubungkan dengan posisi 1 saklar S2, dan posisi 2 saklar S1 dihubungkan dengan posisi 2 saklar S2, selanjutnya keluaran dari tengah S2 dihubungkan ke fitting lampu (bagian tengah fitting) dan selanjutnya bagian ulir lampu dihubungkan ke netral.
Nah ada beberapa keadaan dari saklar tukar :
- Apabila S1 posisi 1 dan S2 posisi 1 maka lampu akan menyala
- Apabila S1 posisi 2 dan S2 posisi 2 maka lampu akan menyala
- Apabila S1 posisi 1 dan S2 posisi 2 maka lampu akan mati
- Apabila S1 posisi 2 dan S2 posisi 1 maka lampu akan mati

Sekarang kita mengenal bentuk saklar tukar dan bagaimana cara merangkainya, perhatikan dengan serius dan baik, oke ...!!
Bentuk saklarnya seperti ini


Mari kita nonton dahulu biar rileks :), perhatikan dengan baik cara pemasangannya dan yang terpenting teknik-teknik memasangnya, selamat menyaksikan.



Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat dan bisa menjadi ibadah,. terimakasih

Previous
Next Post »

Komentar harus sopan, tidak mengandung spam dan iklan ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment