Rangkaian DOL ( Direct On Line )


Rangkaian DOL (Direct On Line) adalah rangkaian starting yang paling dasar dalam belajar mengendalikan motor listrik. Rangkaian ini sering dipasang pada industri, kebanyakan DOL ini digunakan pada mesin dengan kapasitas motornya dibawah 5,5 kW ( <5,5 kW) . Jika motor listrik lebih besar dari 5,5 kW (> 5,5 kW) maka menggunakan rangkaian star delta yang akan kita bahas pada pertemuan berikutnya.


Rangakaian DOL
(Sumber : http://blog.unnes.ac.id/antosupri/control-direct-online-starter-atau-dol-starter/)                     

a. Prinsip Kerja DOL
Rangkaian DOL bekerja langsung memberikan tegangan 380 Volt AC kepada kumparan motor listrik sehingga motor langsung berputar. jadi bisa dibilang pada rangkaian DOL adalah rangkaian star awal yang langsung menghidupkan motor listrik dengan daya yang kecil.
DOL dapat kita star/stop motor melalui rangkaian kotrol, atau bisa disebut dengan rangkaian pengunci, karena rangkaian DOL berfungsi untuk menjaga arus listrik agar tetap mengalir pada rangkaian pengendali.
Rangkaian DOL dibagi menjadi 2 rangkaian :
  1. Rangakaian Daya/Utama
  2. Rangkaian Kontrol/Pengendali
Rangkaian Daya/Utama : pada rangkaian daya akan ditemukan komponen utama yang akan mengalirkan daya dari sumber jala-jala ke beban yaitu motor. mengalir atau tidaknya daya ke motor diataur oleh  rangkaian kontrol/pengendali.
Rangkaian Kontrol/Pengendali : pada rangkaian kontrol ini digunakan untuk menghubung dan memutuskan daya listrikdari sumber ke motor listrik melalui kontak-kontak kontaktor. Biasanya kontak yang digunakan adalah jenis NO (Normaly Open) dan Normaly Close (NC) yang ada pada kontaktor.
 
b. Rangkaian DOL



Unduh Projectnya Rangkaian DOL

Cara kerja Rangkaian DOL pada Gambar kerja :
Motor listrik DOL starting dijalankan dengan Push Button ON dan dimatikan dengan Push Button OFF, yang digunakan untuk mengendalikan dengan sebuah kontaktor, yang terhubung dengan motor 3 fasa
  1. MCB di On kan maka lampu merah akan hidup/menyala
  2. Ketika Push Button ON ditekan, maka K1 akan aktif sehingga motor akan berputar
  3. Ketika Push Button OFF ditekan maka motor akan OFF karena tidak mendapat supply tenaga sehingga K1 akan OFF
  4. Ketika terjadi beban lebih atau overlaod maka Thermal Overload (OL) akan bekerja dan akan memutuskan rangkaian kontrol dan utama, ditandai dengan lampu Orange menayala
 
c. Video penjelasan Rangkaian DOL
Berikut penjelasan tentang rangkaian DOL 




Cara Kerja Rangkaian DOL



Rangakaia DOL Direct Online adalah teknik yang memungkinkan kita untuk start/stop motor melalui suatu rangkaian kontrol atau bisa disebut sebagai rangkaian pengunci. karena rangkaian DOL berfungsi untuk menjaga agar arus listrik tetap mengalir pada sebuah rangkaian pengendali. Rangkaian DOL adalah rangkaian yang paling dasar/sederhana saat mempelajari sistem pengendali.


Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
jjjj
admin
Monday 5 June 2023 at 13:17:00 GMT+7 ×

informasi yang sangat membantu, baca juga tentang Peluang Kerja Lulusan Teknik Elektro

Reply
avatar
Admin
admin
Thursday 21 March 2024 at 23:21:00 GMT+7 × This comment has been removed by the author.
avatar

Komentar harus sopan, tidak mengandung spam dan iklan ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment