Rangkaian PLN-GENSET dengan saklar manual

Keberlangsungan supply daya dari PLN diharapkan kontiniu, tetapi pada kenyataannya masih sering terjadi pemutusan daya listrik dari pihak PLN dengan alasan servis, gangguan jaraingan, dan sebagainya. sementara konsumen sangat membutuhkan  listrik untuk aktivitas rumah tangga ataupun untuk industri rumahan. Salah satunya adalah dengan menggunakan genset sebagai sumber alternatif listriknya. oleh karena itu dibutuhkan alat pengendali pemindah dari PLN ke Genset.

Genset
Genset singkatan dari generator set, merupakan suatu alat yang mempunyai prinsip seperti generator yaitu pembangkit listrik. Generator ini merubah energi mekanik/putar menjadi energi listrik. Genset hanya dapat membangkitkan listrik dalam skala kecil dengan tenaga penggerakannya membutuhkan bahan bakar.
Genset

Cam Starter Switch 

Cam Starter Switch atau dikenal juga saklar Handle genset atau saklar COS (Change Over Switch) yang digunakan sebagai sakalar pemindah supply listrik dari genset ke PLN atau sebaliknya.
Cam Starter Switch Tiga Posisi

Rangkaian Pemindah Posisi PLN ke Genset
Rangkaian pemindah sumber listrik dari PLN ke Genset secara manual. Rangkaian ini digunakan apabila sumber utama mati yaitu sumber PLN diubah menjadi sumber listrik cadangan yaitu Genset dengan cara menarik saklar Cam Starter Switch yang digunakan sebagai saklar pemindahnya.
Berikut adalah rangkaiannya.
PLN-GENSET Manual dengan saklar Manual
Semoga rangkaian ini bermanfaat.

Download BUKU-BUKU LISTRIK
Previous
Next Post »

Komentar harus sopan, tidak mengandung spam dan iklan ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment