Cara Mensimulasikan dan Menjalankan Program Zelio

Nah pada kesempatan ini kita akan melanjutkan pelajaran tentang bagaimana cara mensimulasikan dan menjalankan program Zelio, tetapi sebelumnya kita harus memahami materi bagaimana cara melakukan atau membuat program ladder dengan menggunakan zelio.
Setelah program selesai kita buat, sebelum dimasukkan kedalam Zelio terlebih dahulu dilakukan simulasi yang berfungsi untuk mengetahui cara kerja sebuah program apakah bekerja atau tidak. Apabila belum bekerja maka masih bisa kita lalukan perbaikan terhadap program yang telah kita buat sebelum ditransfer ke modul zelio.  Adapun langkah-langkah mensimulasi program adalah :
  1. Klik ikon simulasi program
    Pimilihan Mode Simulasi
  2. Jalankan program dengan mengklik tombol RUN, kemudian tampilkan komponen-komponen yang akan digunakan dengan mengklik komponen tersebut.
    Menjalankan Program dengan Mode Simulasi
  3. Saat simulator sedang berjalan (posisi RUN), kita dapat mempragakan dan elihat jalannya program dengan mengklik kontak input dan melihat hasilnya pada komponen output.
    Mengaktifkan Input dan melihat reaksi output
  4. Untuk menghentikan jalannya program, klik tombol STOP yang ada disamping tombol RUN. Untuk melakukan pengeditan ulang, caranya masuk kembali ke mode EDIT PROGRAM, Setelah program siap dan dianggap berjalan sesuai fungsinya, program dapat disimpan kedalam PC. Caranya dengan mengklik tombol SAVE pada menuprogram.
Untuk lebih jelasnya perhatikan Video Tutorial dibawah ini


Demikianlah materi tentang mensimulasi dan menjalankan program Zelio sebelum ditrasfer ke modul zelionya, tahap ini penting untuk dilakukan guna memeriksa dan menjalankan program apakah sudah benar atau belum, sebelum program dikirim ke modul Zelio. Selanjutnya materi yang sangat penting bisa kita baca pada materi cara mentrasfer program zelio


Download BUKU-BUKU LISTRIK
Previous
Next Post »

Komentar harus sopan, tidak mengandung spam dan iklan ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment