Komponen dan Fungsi Alat Instalasi Penerangan Saklar Kelompok


Saklar kelompok disebut juga saklar pilih, Saklar ini adalah saklar satu kutub dengan dua posisi atau saklar Singel Pole Double Throw (SPDT). Cara kerjanya hampir sama dengan saklar tukar, tetapi yang membedakannya adalah dalam kondisi normal kontak saklar kelompok pada posisi nol. 
Saklar kelompok dapat menghidup dan mematikan lampu secara bergantian, artinya apabila satu kelompok hidup maka yang lain akan padam, dan bila saklar pada posisi nol maka lampu kelompok 1 dan lampu kelompok 2 akan padam. Diagram dasar saklar ini mirip dengan saklar seri, bentuk kontruksinya biasanya berbentuk saklar putar.
Pada instalasi listrik, sakelar kelompok sering digunakan untuk instalasi pengendali motor dan instalasi modul-modul alat peraga peralatan rumah tangga, misalnya alat peraga AC (air Conditioning).
Saklar SPDT/Kelompok

Simbol Saklar Kelompok dan Pengawatannya
Berikut simbol dari saklar kelompok dan kontruksinya. Perhatiakan baik-baik
Dan diagram tunggal dan pengawatannya

Saklar kelompok mengendalikan dua lampu listrik secara bergantian. Terdiri dari 3 terminal, yaitu 1 terminal masuk yang disambung kesaluran fasa (F) dan 2 terminal keluar yang masing-masing disambungkan ke lampu L1 dan L2. Selanjutnya masing-masing ujung lainnya dari masing-masinglampu L1 dan L2 disambung ke Netral. 
Berbeda dengan saklar seri yang menggunakan 2 tuas/kontak, saklar kelompok ini hanya memiliki 1 tuas /kontak. Jadi tidak ada posisi sambung semua atau lepas semua.


Download BUKU-BUKU LISTRIK
Previous
Next Post »

Komentar harus sopan, tidak mengandung spam dan iklan ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment